Beranda | Artikel
Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah
Jumat, 3 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Sabtu, 5 Sya’ban 1444 H / 25 Februari 2023 M.

Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah

Golongan yang selamat selalu mengajak kaum muslimin agar mereka senantiasa berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan petunjuk para sahabatnya Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in, sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan pertolongan kepada mereka. Di akhirat nanti mereka akan masuk surga dengan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian juga dengan sebab syafaat dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Inilah golongan yang selamat. Mereka selalu mengajak kaum muslimin untuk berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sunnah para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in.

Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat inilah yang dijamin bagi orang-orang yang berpegang teguh dengannya dia akan selamat. Selamat dari fitnah (syubhat maupun syahwat) di dunia, hal-hal yang menyimpangkan dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lurus, dan selamat dari ancaman adzab Allah Subhanahu wa Ta’ala di akhirat nanti. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Barangsiapa yang menentang Rasul (yakni berpaling dari petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam) setelah jelas petunjuk baginya, kemudian dia mengikuti selain jalannya kaum mukminin (para sahabat), maka Kami akan palingkan dia ke arah kesesatan yang dia cenderung kepadanya kemudian Kami akan masukkan dia ke dalam neraka jahanam yang itu merupakan seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. An-Nisa`[4]: 15)

Inilah yang menyebabkan seseorang celaka dunia dan akhirat. Ketika di dunia dia memilih meninggalkan berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat, maka Allah akan palingkan dia.

… فَلَمَّا زَاغُوا أَزَاغَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ…

“Ketika mereka berpaling maka sekalian Allah Subhanahu wa Ta’ala palingkan hati-hati mereka.” (QS. As-Saff[61]: 5)

Makanya berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat ini merupakan sebab turunnya pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah menjanjikan pertolongan di dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala jelas menegaskan:

…وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ

“Bahwa haq bagi Kami (Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan bagi diriNya) untuk menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar-Rum[30]: 47)

Di sini Allah gandengkan pertolongan dengan iman yang benar. Dan iman yang benar tidak lain adalah dengan mengikuti petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang kemudian dipraktekkan dengan sempurna setelah itu oleh para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in. Makanya kata beliau “Dengan sebab inilah pertolongan Allah diturunkan kepada mereka.”

Para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in yang paling sempurna dalam mempraktekkan, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala bukakan negeri-negeri di zaman mereka sedemikian luas. Ini bukti pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala akan turun ketika kaum muslimin menegakkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firmanNya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, maka Allah akan menolongmu dan akan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad[47]: 7)

Apa artinya menolong Allah atau menolong agama Allah? Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Kuat dan Maha Perkasa, tidak butuh ditolong. Agama Allah pun Allah sendiri yang akan menjaganya. Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti menolong agamaNya, itu tidak perlu kita khawatirkan. Yang kita khawatirkan apakah kita termasuk yang ditolong atau tidak? Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan di ayat tadi syarat untuk mendapatkan pertolongan dari Allah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52764-golongan-yang-selamat-mengajak-berpegang-teguh-dengan-sunnah/